MTs Panyinggahan Maninjau Dalam Memori

MTs Panyinggahan Maninjau Dalam Memori

Sabtu, 28 Maret 2015

Hadits Tentang Taqwa, Kebaikan dan Akhlak

Oleh : Rifki Kurnia (Siswa MTs S Maninjau)

Orang yang bertaqwa artinya orang yang berhati-hati dalam hidupnya. Melaksanakan perintah Allah swt. dan meninggalkan larangan-Nya. Jika engkau bertaqwa dimanapun berada engkau tidak akan berani melanggar larangan-Nya. Di dalam hadits diterangkan :

“Bertaqwalah kepada Allah dimana saja engkau berada, dan iringilah keburukan dengan kebaikan yang dapat menghapusnya, dan bergaullah sesama manusia dengan akhlak yang baik” (H.R. Tirmizi)

“Iringilah keburukan dengan kebaikan yang dapat menghapusnya”, maksudnya jika kita melakukan keburukan (dosa), kita melakukan kebaikan (pahala) yang dapat menghapusnya/menghilangkan dosa keburukan tersebut.

“Bergaullah dengan manusia dengan akhlak yang baik”, maksudnya, jika bergaul dengan manusia dengan akhlak yang baik maka tali silaturrahim terjalin dengan baik dan hubungan antar manusia semakin erat dan tidak ada perpecahan.


(Ditulis oleh Rifki Kurnia, Siswa MTs S Maninjau kelas VIII Tahun Pelajaran 2014 – 2015, dalam memenuhi tugas mata pelajaran Praktek Ibadah mengenai belajar menjabarkan hadits. Tulisan ini intisari dari tulisan tersebut)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar